Trik Super Kilat Soal SBMPTN TPA Penalaran Deduktif (Penarikan Kesimpulan)

SBMPTN atau disingkat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  adalah suatu tes penerimaan mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia. Soal soal untuk SBMPTN dirancang sedemikian rupa untuk mengukur kemampuan mahasiswa, yang meliputu tes potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar dan SAINTEK/SOSHUM.

Untuk SBMPTN 2018 terdapat perubahan penilaian dari SBMPTN tahun sebelumnya, dimana skor (4) untuk jawaban benar, (0) untuk tidak menjawab, dan (-1) untuk jawaban salah digantikan dengan sistem penilaian baru yang melalui 3 tahapan yakni : 

a. Tahap I, seluruh jawaban peserta SBMPTN peserta 2018 akan diproses dengan memberi skor 1  (satu) pada setiap jawaban yang benar, dan skor 0 (nol) untuk jawaban yang salah atau tidak dijawab/kosong
b. Tahap II, dengan menggunakan pendekatan Teori Response Butir (Item Response Theory) maka setiap soal akan dianalisis karakteristiknya, diantaranya adalah tingkat kesulitan relatifnya terhadap soal yang lain, dengan mendasarkan pada pola response jawaban seluruh peserta tes tahun 2018. Dengan menggunakan model matematika, maka akan dapat diketahui tingkat kesulitan soal soal yang dikategorikan mudah, sedang maupun sulit.
c. Tahap III, Karakteristik soal yang diperoleh pada tahap II, kemudian digunakan untuk menghitung skor setiap peserta. Soal soal sulit akan mendapatkan bobot yang lebih tinggi dibanding soal soal yang lebih mudah. Tahap tahap penghitungan skor ini dilakukan oleh tim yang memiliki kompetensi di bidang pengujian, pengukuran dan penialaian.


Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pembahasan soal TPA kemampuan penalaran deduktif yang mudah mudahan dapat berguna dan bermanfaat.

Selengkapnya silahkan teman teman bisa langsung mengunduhnya pada tautan link berikut ini.

- Download Trik Super Kilat Soal SBMPTN TPA Penalaran Deduktif (Penarikan Kesimpulan)

sumber : pakanang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Super Kilat Soal SBMPTN TPA Penalaran Deduktif (Penarikan Kesimpulan)"

Posting Komentar